Tiga Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Prodi Teknik Industri Unikom Berhasil Lolos Didanai

Sebanyak tiga tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diketuai oleh mahasiswa dari Program Studi Teknik Industri Universitas Komputer Indonesia (Unikom) berhasil mendapatkan pendanaan proposalnya dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2020 ini.

Kegiatan PKM yang merupakan ajang kompetisi bergengsi tingkat mahasiswa ini diselenggarakan sekali setahun sebagai upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. Secara umum tujuan PKM yaitu untuk memandu mahasiswa menjadi pribadi yang tahu dan taat aturan, kreatif, inovatif dan objektif dalam membangun keragaman intelektual.

Pada tahun 2020 ini UNIKOM berhasil meraih pendanaan untuk dua bidang PKM yaitu PKM Bidang Kewirausahaan (PKM-K) sebanyak 2 tim dan PKM Bidang Karsa Cipta (PKM-KC) sebanyak 1 tim.

Pada bidang PKM-K kedua tim yang lolos yaitu,tim pertama dengan judul proposal ‘Pelet Jentik Nyamuk (Letiknya)’yang diketuai Yusak Santoso mahasiswa Program Studi Teknik Industri, didampingi dua anggota, dengan dosen pembimbing Dr.Henny,ST.,MT. Tim kedua dengan judul proposal ‘BOKUPIS (Bolu Kulit Pisang)’ yang diketuai Rio Kevin mahasiswa Program Studi Teknik Industri, didampingi 3 anggota, dengan pembimbing Gabriel Sianturi,ST.,MT.

Pada bidang PKM-KC tim yang lolos yaitu tim dengan judul proposal ‘DRILL 4.0 (Mesin Bor 4 Fungsi Sebagai Solusi Keterbatasan Alat UMKM Pengrajin Kayu)’yang diketuai Anggi Abdurahman Fauzi mahasiswa Program Studi Teknik Industri, didampingi 2 anggota, di bawah bimbingan dosen pembimbing Alam Santosa,ST.,MT.

Keberhasilan yang diraih tersebut tentu saja tidak terlepas dari upaya dan semangat dari mahasiswa untuk memikirkan ide-ide kreatif serta usaha sinergi dari berbagai pihak dalam mempersiapkan, membimbing dan mendampingi tim PKM.

Selamat kepada tim PKM yang berhasil didanai, semoga pencapaian yang diraih dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya dan selalu semangat dalam mewujudkan karya PKMnya sampai ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2020.

About Author
gees