Workshop Review Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE)

Pada tanggal 8 Februari 2021 Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia (FTIK Unikom) menyelenggarakan Workshop Review Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE). OBE atau pendidikan berbasis luaran merupakan suatu kebutuhan yang penting dalam pengelolaan pendidikan terutama untuk mempersiapkan lulusan perguruan tinggi yang memiliki kompetensi yang sesuai didalam menghadapi era industri 4.0 sekarang ini.

Acara berlangsung secara daring melalui media ZOOM dan dibuka oleh dekan FTIK Unikom, Dr. Assoc.Prof. Dr.Ir. Herman S. Soegoto, MBA. serta diikuti oleh para dosen program studi di lingkungan FTIK Unikom. Workshop yang menghadirkan Prihandoko, MIT. , PhD. sebagai narasumber ini diselenggarakan dalam rangka mempersiapkan kurikulum program studi sarjana di lingkungan FTIK Unikom pada pengajuan akreditasi IABEE. Akreditasi IABEE mengikuti standar Internasional untuk memastikan program studi menyiapkan lulusan yang memenuhi standar dan kualifikasi internasional dalam memasuki dunia profesi melalui proses pendidikan yang mengacu pada hasil capaian pembelajaran.

Pada workshop ini Prihandoko menjelaskan konsep OBE dan penyusunan dokumen kurikulum berbasis OBE. Selanjutnya dilaksanakan pembahasan dan diskusi serta review dokumen kurikulum OBE yang sebelumnya telah disusun oleh masing-masing Program studi di lingkungan FTIK Unikom.