Selamat, Dua Dosen Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Menjadi Reviewer Nasional Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2021

Dua dosen Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Dr. Henny ST., MT. dan Alam Santosa ST., MT. mencatat prestasi berkualifikasi nasional dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjadi Reviewer Nasional Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2021. Hal tersebut tertuang dalam surat resmi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI bernomor 1533/E2/KM.05.01/2021 yang ditandatangani Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Aris Junaidi.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah ajang kompetisi nasional tahunan yang pesertanya merupakan para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Menurut Ditjen Belmawa sebagai penyelenggara, kegiatan PKM tersebut dilaksanakan sebagai upaya memandu mahasiswa menjadi pribadi yang tahu dan taat aturan, kreatif dan inovatif, objektif dan kooperatif dalam membangun keragaman intelektual.

PKM memperlombakan proposal mahasiswa dalam bidang-bidang yang dikelompokkan menjadi tiga kategori. Kategori pertama yaitu, PKM 5 bidang terdiri dari PKM Riset (PKM-R), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-PM), PKM Penerapan Iptek (PKM-PI) dan PKM Karsa Cipta (PKM-KC). Kategori kedua adalah PKM Gagasan Futuristik (PKM-GFK), sedangkan kategori ketiga adalah PKM Artikel Imiah (PKM-AI) dan PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT). Seluruh bidang PKM, kecuali PKM-AI bermuara di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Kesuksesan Dr. Henny ST., MT. dan Alam Santosa ST., MT menjadi Reviewer Nasional, dicapai setelah keduanya melewati sejumlah tahapan seleksi pada rangkaian kegiatan yang diawali Training of Trainer (ToT) pada 16-18 Maret 2021 dan dilanjutkan Bimbingan Teknis (BIMTEK) pada 24-26 Maret 2021, serta kegiatan terakhir yaitu Penyamaan Persepsi yang dilaksanakan pada 1 April 2021.

Terpilihnya kedua dosen UNIKOM sebagai Reviewer Nasional pada PKM 2021 merupakan suatu prestasi yang membanggakan bagi civitas akademi UNIKOM khususnya bagi Program Studi Teknik Industri UNIKOM, karena kedua dosen tersebut juga merupakan dosen Program Studi Teknik Industri UNIKOM dan home basenya berada pada Program Studi Teknik Industri UNIKOM.

Selain itu, capaian tersebut sekaligus juga melengkapi prestasi yang diraih UNIKOM pada PKM tahun 2020. Hal ini mengingat pada penyelenggaraan PKM 2020, UNIKOM berhasil meraih tiga proposal yang lolos didanai oleh Kemendikbud, yaitu dua proposal PKM Kewirausahaan (PKM-K) dan satu proposal PKM Karsa Cipta (PKM-KC). Ketiga proposal PKM yang lolos didanai tersebut diusulkan oleh tiga tim mahasiswa yang masing-masing tim diketuai mahasiswa dari Program Studi Teknik Industri UNIKOM dan semuanya di bawah bimbingan dosen-dosen Program Studi Teknik Industri UNIKOM.

Selamat kepada Dr. Henny ST., MT. dan Alam Santosa ST., MT. Semoga capaian yang telah diraih tersebut, dapat memberikan manfaat yang terbaik bagi peningkatan kualitas proposal PKM mahasiswa UNIKOM secara keseluruhan, sehingga proposal PKM mahasiswa UNIKOM mampu lebih bersaing dengan proposal mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya. Diharapkan dengan proposal yang berkualitas dan unggul akan dapat meningkatkan jumlah proposal PKM mahasiswa UNIKOM yang lolos didanai pada penyelenggaraan PKM 2022 dan PKM di tahun-tahun berikutnya, serta selanjutnya diharapkan dapat lolos menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) dan sekaligus meraih Juara Nasional. (gees & H)