Acara Penerimaan Mahasiswa Baru Program Studi Teknik Industri UNIKOM, TA 2021/2022

posted in: Berita | 0

Penerimaan mahasiswa baru merupakan salah satu proses yang ada di institusi pendidikan seperti Universitas yang berguna untuk menyaring calon mahasiswa yang terpilih sesuai kriteria yang ditentukan oleh Universitas tersebut. Pada umumnya proses penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui tahapan pendaftaran, seleksi, pengumuman penerimaan mahasiswa baru, dan penyambutan serta pengukuhan mahasiswa baru. Tahapan dari proses penerimaan mahasiswa baru ini juga dilaksanakan oleh Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM).

Rangkaian acara penerimaan mahasiswa baru UNIKOM dimulai dengan acara penyambutan dan pengukuhan seluruh mahasiswa baru oleh Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) pada 27 September 2021, dilanjutkan dengan acara penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan oleh program studi masing-masing atau dikenal dengan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Program Studi. Untuk Program Studi Teknik Industri sendiri PMB dilaksanakan pada tanggal 1-2 Oktober 2021 secara online melalui aplikasi Zoom meeting. Kegiatan PMB ini diadakan untuk memperkenalkan lingkungan kampus dan khususnya Program Studi Teknik Industri kepada para mahasiswa baru. Selain itu acara ini juga bertujuan untuk mengenalkan dan menjalin tali silaturahmi antara mahasiswa baru dengan mahasiswa, dosen maupun staf di Program Studi Teknik Industri UNIKOM

Pada pelaksanaan PMB yang berlangsung selama dua hari ini, di hari pertama acara diawali dengan sambutan selamat datang kepada para mahasiswa baru Program Studi Teknik Industri UNIKOM Angkatan 2021 oleh Ketua Program Studi Teknik Industri, Dr. Henny, S.T., M.T, yang dilanjutkan dengan pengenalan seluruh dosen dan staf di lingkungan Teknik Industri UNIKOM. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tentang tata tertib dan etika mahasiwa yang disampaikan oleh Iyan Andriana, ST., MT., serta pemaparan mengenai kampus merdeka yang disampaikan oleh Dr. Henny, S.T., M.T.

Sementara di hari kedua, para mahasiswa baru diberikan materi pengenalan dunia perkuliahan dan beberapa platform yang bisa diakses untuk menunjang kegiatan perkuliahan seperti my academic UNIKOM, dashboard mahasiswa UNIKOM dan LMS UNIKOM. Selain itu juga ada pemaparan mengenai praktikum dan laboratorium yang ada di Program Studi Teknik Industri UNIKOM yang disampaikan dan dipandu langsung oleh asisten praktikum yang bersangkutan. Pengenalan tentang Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) dipaparkan juga pada acara ini oleh Ketua HMTI Periode 2020/2021, Faisal Amin yang didampingi Wakil Ketua HMTI Periode 2020/2021, Muhammad Zaidan Gasyanin. Terakhir acara PMB ini ditutup dengan video kampus room tour. (Ikeu,Kominfo HMTI UNIKOM)