Mahasiswa Asing Asal SOMALIA Akan Kuliah di UNIKOM Pada Tahun Akademik 2022-2023

posted in: Berita, Uncategorized | 0

Dalam konsep World Class University, pertumbuhan jumlah mahasiswa asing yang menempuh studi di perguruan tinggi merupakan salah satu aspek yang digunakan untuk mengukur kesiapan dan mencerminkan kemampuan perguruan tinggi dalam menyelenggarakan program internasional untuk menghadapi persaingan global pendidikan tinggi. Hal tersebut disampaikan oleh Guru Besar Teknik Industri Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Prof.Dr. Ir.H.M. Yani Syafei, MT. setelah berlangsungnya acara  penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Action (MoA) antara Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) dengan Duta Besar Republik Somalia, Abdi Salam. Prof. M. Yani Syafei sebagai inisiator program rekrutmen mahasiswa asing secara mandiri, mengatakan kerja sama tersebut diawali dengan direkrutnya mahasiswa asing dari Somalia untuk kuliah di UNIKOM.

Pernyataan tersebut diperkuat Wakil Rektor 2 bidang Sumberdaya dan kerja sama UNIKOM, Assoc. Prof. Dr. Agus Riyanto. ‘UNIKOM memiliki daya tarik dalam hal kemampuan di bidang Teknologi Informasi dan bidang non-eksakta serta kampus berprestasi, maka hal tersebut yang membuat keminatan dubes Somalia dalam kerja sama dengan UNIKOM’, ujar nya. Hal yang sama disampaikan oleh Dr. Inta Budi, sebagai Direktur Hubungan Internasional Unikom bahwa dengan adanya mahasiswa dari Somalia yang melanjutkan studi di UNIKOM, akan terjadi pertukaran budaya maupun ekonomi, sehingga mereka akan memahami bahasa, budaya dan keilmuan dibidang  bisnis terutama Indonesia, maka diharapkan setelah mahasiswa Somalia lulus dari UNIKOM, mereka akan membawa produk-produk Indonesia yang dipasarkan di Somalia. Lebih lanjut Prof. Yani Syafei menceritakan seiring dengan perjalanan waktu, UNIKOM mencanangkan menjadi perguruan tinggi yang mendunia, yakni Toward World Class University. Setelah meredanya masa pandemi COVID 19 pada awal tahun 2022, dimana pada tanggal 12 April 2022, UNIKOM mendapat kunjungan kehormatan dari Dubes Somalia dalam rangka penjajagan kerjasama untuk pengiriman mahasiswa Somalia menimba ilmu pengetahuan di kampus UNIKOM. Kemudian pada tanggal 10 Oktober 2022, pihak UNIKOM melakukan kunjungan balasan ke kantor Dubes Somalia di daerah Kuningan-Jakarta, untuk membicarakan lebih lanjut dan penyusunan rancangan MOU. Gayung-bersambut antara kedua pihak sepakat untuk mewujudkan kerja sama yang diawali dengan penandatanganan MoU secara resmi pada tanggal 12 Oktober 2022 bertempat di kampus UNIKOM Bandung. Penandatanganan MoU dilakukan antara Duta Besar Somalia untuk Indonesia, Abdi Salam dengan Rektor UNIKOM, Prof. Dr.Ir.H. Eddy Soeryanto Soegoto, MT. sedangkan penandatanganan MoA dilakukan oleh Dubes Somalia dan pihak UNIKOM diwakili oleh Prof. Dr. Umi Narimawati, Drs., SE,M.Si., sebagai Wakil Rektor 1, dan Assoc. Prof. Dr. Ir. Herman S. Soegoto, MBA, sebagai Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer.

Prof. Yani Syafei yang juga merupakan pengajar di Program Studi Teknik Industri UNIKOM selanjutnya berharap pelaksanaan program kerjasama ini akan dilakukan oleh UNIKOM secara berkesinambungan dari tahun ke tahun, sehingga UNIKOM dapat menjadi perguruan tinggi yang menyandang World Class University yang sesungguhnya. ‘Untuk menjadikan program tersebut berkelanjutan, pihak UNIKOM  harus melakukan strategi jemput-bola terhadap rekrutmen mahasiswa asing melalui program rekrutmen mahasiswa asing secara mandiri’, tambahnya.

Mahasiswa Somalia yang berkuliah di UNIKOM, rencananya akan mengambil Program Studi yang ada di Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) UNIKOM diantaranya Informatika, PWK, Elektro dan Teknik Industri. Pilihan untuk berkuliah di program Studi Teknik Industri bukan tanpa alasan sebab negara Somalia sedang mencanangkan program untuk meningkatkan industri manufaktur di negaranya dimana bahan baku dan tenaga ahli didatangkan dari Indonesia, sehingga Somalia sedang mempersiapkan sumber daya manusia negaranya dengan mengirimkan calon mahasiswa untuk menimba ilmu pengetahuan pada perguruan tinggi di Indonesia.

Berkaitan dengan Program Studi Teknik Industri Unikom, prestasi yang telah dicapai oleh Program Studi Teknik Industri, diantaranya mahasiswa  Prodi Teknik Industri Unikom selama 3 tahun terakhir meraih prestasi sebagai penerima program magang bersertifikat Kemdikbud tahun 2021, sebanyak 16 mahasiswa prodi Teknik Industri lolos seleksi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di Kemdikbud tahun 2022, mendapat medali perak kejuaraan Pencak Silat Tanding kelas C pada Kejuaraan Bandung Lautan Api Championship 3 pada 21 Desember 2021.

Kinerja program studi yang ada di Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) terlihat dari tidak ada lagi program studi yang terakreditasi C. Dua Program Studi terakreditasi  unggul, dua program studi terakreditasi Baik Sekali dan tujuh program  studi terakreditasi B. Selain itu mahasiswa yang berasal dari program studi di lingkungan  FTIK banyak memiliki prestasi pada kompetisi tingkat internasional (sekitar 90 international award) dan nasional (sekitar 200 national award), antara lain 2019 World Skill Rusia Award, 2019 Asean ICT Award, 2019 Asia Pacific ICT Alliance Award, 2021 Asia Pacific ICT Alliance Award, 2021 Asean ICT Award.

Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) yang berlokasi di Jl. Dipati Ukur 102-116 Bandung, dimana merupakan salah satu PTS yang masuk PT unggulan yakni 3 PTS terbaik Ranking Dunia Jawa Barat dari 51 PT Rangking Dunia dari Indonesia (Scimago Institutions Ranking / SIR, 10 september 2022), sedangkan versi UniRank tahun 2022, Unikom termasuk 100 Universitas Terbaik  di Indonesia (ranking 60 dari 100 Universitas di Indonesia, https://kampus.republika.co.id/posts/173667/100-universitas-terbaik-di-indonesia-versi-unirank-2022-ada-48-kampus-swasta), dan Unikom termasuk 100 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia versi UniRank 2022 (Ranking 25 dari 100 PTS di Indonesia,https://edukasi.sindonews.com/read/893139/211/100-universitas-swasta-terbaik-di-indonesia-versi-unirank-2022-cek-kampusmu-peringkat-berapa-1663916987?showpage=all), Unikom termasuk Universitas Terbaik di Indonesia versi Webometrics 2022 (ranking 78 dari 100 Universitas di Indonesia, https://edukasi.sindonews.com/read/680519/211/100-universitas-terbaik-indonesia-2022-versi-webometrics-cek-kampusmu-1644325348?showpage=all), Unikom termasuk 50 Universitas Terbaik di Jawa Barat Tahun 2022 Versi UniRank (Ranking 10 dari 50 Universitas Terbaik di Jawa Barat, https://kampus.republika.co.id/posts/173840/daftar-50-universitas-terbaik-di-jawa-barat-tahun-2022-versi-unirank), serta Unikom termasuk 9 Universitas Terbaik di Jawa Barat Tahun 2022 Versi SIR (https://bandung.kompas.com/read/2022/09/10/122224678/9-universitas-terbaik-di-jawa-barat-tahun-2022-versi-sir?page=2). Berdasarkan hasil prestasi dan penilaian ranking tersebut, selayaknyalah Unikom mendapat kepercayaan dari masyarakat Jawa Barat bahkan Indonesia guna menitipkan anaknya untuk menimba ilmu pengetahuan di UNIKOM.