Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Di UMKM Kerupuk Kulit Singkong oleh Dosen Program Studi Teknik Industri Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

posted in: Berita | 0

Dosen Program Studi Teknik Industri UNIKOM, Alam Santosa, S.T., M.T. dan Julian Robecca, S.T., M.T. baru-baru ini melaksanakan kegiatan Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M). Kegiatan P2M tersebut dilaksanakan di UMKM Barokah Jaya yang bergerak dalam usaha kerupuk kulit singkong dan berlokasi di Lembang, Kab. Bandung Barat. Implementasi P2M yang juga melibatkan mahasiswa dari Program Studi Teknik Industri UNIKOM tersebut adalah dalam bentuk kegiatan pemberdayaan usaha kerupuk kulit singkong UMKM Barokah Jaya.

Pemberdayaan UMKM Barokah Jaya pada kegiatan P2M ini dilakukan melalui serangkaian pelatihan kewirausahaan yang dapat membantu UMKM Barokah Jaya dalam pengembangan usaha kerupuk kulit singkong. Pelatihan kewirausahaan yang dilaksanakan difokuskan pada pelatihan yang berkaitan dengan pengembangan usaha dari aspek pemasaran, aspek operasional dan produksi serta aspek legal dan keuangan. Pelatihan pada aspek pemasaran ditujukan untuk memberikan pemahaman tentang pengengembangan bauran pasar yang tepat bagi produk kerupuk kulit singkong, pengembangan produk, lokasi pemasaran, metode promosi, penentuan harga, strategi pemasaran, pemilihan target, dan penentuan posisi. Pelatihan aspek operasional dan produksi ditujukan agar pelaku usaha dapat merencanakan, merancang, dan mengembangkan sistem operasi dan produksi, memilih teknologi yang sesuai, meningkatkan kapasitas, efektivitas dan efisiensi aktivitas produksi. Adapun pelatihan aspek legal dan keuangan ditujukan agar pelaku usaha dapat memahami semua alternatif dan peluang dalam pengembangan organisasi perusahaannya, serta mengetahui hak dan kewajiban yang dimiliki, sehingga dapat menjamin keberlangsungan usaha.

Kegiatan pelatihan tersebut berlangsung pada 27 Juni-30 Juni 2022 dengan narasumber dosen Program Studi Teknik Industri yaitu, Dr. Diana ST.,MM, MT dan Gabriel Sianturi ST., MT. Luaran kegiatan yang didapatkan dari program P2M ini, yaitu perbaikan dari segi proses produksi kerupuk kulit singkong serta pengembangan kemasan produk kerupuk kulit singkong.

Kegiatan P2M yang dilakukan di UMKM Barokah Jaya tersebut selain sebagai bentuk pelaksanaan tugas Tridharma dan wujud nyata pengabdian Program Studi Teknik Industri UNIKOM pada masyarakat, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan jejaring antara kewirausahaan UNIKOM dengan masyarakat industri dan lembaga lainnya dan menciptakan metode pelatihan kewirausahaan yang sesuai bagi mahasiswa PKMK/PKM lainnya/PMW/mahasiswa yang sedang merintis usaha/alumni wirausaha.